Rabu, 20 Agustus 2014

Fakultas kedokteran

Fakultas kedokteran secara umum adalah salah satu fakultas yang memiliki peminat dalam jumlah banyak. Hingga saat ini profesi dokter masih menjadi impian banyak orang. Program pendidikan dokter di beberapa universitas negeri ataupun swasta, sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan dokter-dokter yang baik dan pantas untuk melayani masyarakat demi kesehatan bersama.

Fakultas kedokteran (FK) UMM merupakan FK swasta pertama di kota Malang. Walaupun saat ini (2014) akreditasi nya masih B, tetapui FK UMM akan menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industri dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Pendidikan di FK UMM dirancang secara profesional selama sebelas semester (lima setengah tahun) yang terbagi dalam dua proses pendidikan, yaitu; Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester; dan  Pendidikan Profesi selama empat semester.Pelaksanaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigma baru pembelajaran Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Research Based Learning (RBL). Sedangkan pendidikan profesi berlangsung dengan sistem kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Dokter Keluarga dan Industri. 

Perkembangan FK UMM yang sangat baik semakin mendukung naiknya kualitas jurusan pendidikan dokter, yang dalam waktu dekat ini akan meraih akreditasi A. 

Berikut adalah visi, misi, dan tujuan FK UMM. 

Visi :  

Menjadi fakultas  terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang 
berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berbasis pada bidang 
Kedokteran Umum, Keluarga dan Industri dan  nilai-nilai islam untuk meningkatkan daya 
saing bangsa.


Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dalam bidang kedokteran profesional islami dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang kedokteran keluarga dan kedokteran industri
  2. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang amanah untuk meningkatkan daya saing bangsa
  3. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan yang Islami sehingga mampu beruswah hasanah
  4. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan tehnologi kedokteran dan kelembagaan dengan berbagai pihak.

Tujuan :

Tujuan Program Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang ialah mendidik mahasiswa melalui serangkaian pengalaman belajar menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai sikap dan perilaku Islami, cukup pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam bidang keprofesiannya, untuk :
 
1. Melakukan profesi kedokteran dalam suatu sistem pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijaksanaan umum pemerintah yang berlandaskan etik kedokteran Islam yang meliputi :
  • Mengenal, merumuskan, dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang yang ditekankan pada masalah kesehatan di lingkungan keluarga dan industri, serta berusaha dan bekerja untuk menyelesaikan masalah tersebut melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi program yang bersifat promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. 
  • Memecahkan masalah kesehatan penderita dengan menggunakan pengetahuan, ketrampilan klinik dan laboratorium serta observasi dan pencatatan yang baik untuk mengidentifikasi, mengdiagnosa, melakukan tindakan medik, melakukan usaha pencegahan, meminta konsultasi mengerjakan usaha rehabilitasi masalah kesehatan penderita dengan mengingat aspek jasmani, rohani, dan sosio-budayanya. 
  • Memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dan tenaga lainnya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. 
  • Bekerja selaku unsur pimpinan dalam suatu team kesehatan. 
  • Menyadari bahwa sistem pelayanan kesehatan yang baik adalah suatu faktor penting dalam ekosistem yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. 
  • Mendidik dan mengikutsertakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatanya. 
2. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam segi ilmu kedokteran sesuai dengan bakatnya, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat. 
3. Menilai kegiatan profesinya secara berkala, menyadari keperluan untuk menambah pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, serta menilai kemajuan yang telah dicapai secara kritis.
4. Mengembangkan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kedokteran dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian, serta mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan dan asuhan medis.
5. Memelihara dan mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesinya seperti integritas, rasa tanggung jawab, shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh serta menaruh perhatian dan penghargaan terhadap sesama manusia, sesuai dengan etik kedokteran Islam.
6. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif dan bersikap terbuka, dapat menerima perubahan dan berorientasi ke masa depan serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.
7. Mampu berdakwah sesuai dengan ilmu dan profesinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar